Ruang Tanya Jawab

848 thoughts on “Ruang Tanya Jawab”

    1. yth. admin
      apakah pembayaran dapat dilakukan di bank BNI dimanapun?
      lalu pencetakan surat ketetapan pajak daerahnya bagaimana? apakah langsung dari bank BNI atau bagaimana.. mohon informasinya. terima kasih

        1. Asa maaf min mau nanya sya kan sudah sma
          KT 4625 Z ke 08115857070
          Nah kok gak ada sms balasn yah ?!

        2. Assalammualaikum wrb..mohon maaf pak mau bertanya apa kah stelah melakukan pembayaran online via atm dan trus kita ke samsat apakah harus membawa KTP si pemilik pertama,soal nya saya sudah lost kontak dengan pemilik kendaraan pertama

        1. untuk kendaraan yang berasal dari kaltim, bisa melakukan pembayaran e-samsat di seluruh wilayah indonesia yang terdapat ATM Bank BNI dan Bank Kaltim. Untuk percetakan STNK nya sendiri, hanya bisa dicetak di samsat daerah kaltim saja, terima kasih.

    2. Min maaf mau tanya
      Kemaren saya bayar pajak motor samarinda kt 6560 ii lewat atm
      Trus mau mencetak SKPD di samsat batakan balikpapan kok ditolak katanya ngk bisa
      Klo dibalikpapan bisa mencetak dimana ya ?
      Terimakasih

      1. Terima Kasih atas ketaatan Bapak / Ibu dalam membayar Pajak Kendaraan Bermotor dan atas perhatian dan koreksinya yang sangat berguna untuk perbaikan pelayanan kami.
        Mengenai kejadian yang Bapak / Ibu alami kami mohon maaf karena ada kesalahpahaman prosedur dengan petugas kami di lapangan dan sudah kami koordinasikan kembali di internal kami.

        Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor yang sudah dibayarkan via ATM BNI (e-Samsat) dapat kami informasikan bahwa pencetakan SKPD asli dapat dilakukan di samsat mana saja dalam wilayah Provinsi Kalimantan Timur.
        Kecuali pengurusan perpanjangan STNK, Balik Nama, Mutasi dan hal lain yang berkaitan dengan perubahan identitas kendaraan bermotor harus diproses di Samsat Induk sesuai Wilayah dimana kendaraan tersebut terdaftar.

        Demikian yang dapat kami informasikan, silahkan datang kembali ke samsat terdekat untuk mencetak SKPD asli yang telah dibayar via ATM dan mohon maaf atas ketidaknyamanan ini.

        Terima Kasih

    3. Permisi, Saya Numpang Tanya. Kalau Mau Ganti Plat Saja Tanpa Perpanjang STNK Bisa apa tidak ? karena Plat Habis Bulan 1 Pajak Bulan 2 Tahun 2017

    4. Yth. Admin, saya baru beli kendara roda 4 dengan nomor kendaraan KT.8346.BT bisa tolong di cek kan tunggakan pajak dan denda yang harus di bayar, terimakasih.

    5. Dh,

      Kalau utk perpanjangan pajak 5 tahunan, apakah bisa diurus di kantor samsat mana saja?. soalnya kendaraan plat samrinda, sementara skrg domisili di Penajam. apakah bisa diurus di samsat penajam?Tks.

    6. Terima kasih pak. Unt pengecekannya bisa. Namun untuk pembayaran beberapa KT tidak bisa. So far so good. Perlu ditingkatkan lagi.

    7. Yth.admin
      Saya mau tanya proses mutasi bpkb di samsat samarinda .kendaraan bermotor jenis spd motor gl 200 r 2007 nopol kt 4406 wy apakah sudah diproses??

        1. selamat pagi,
          sy mau bertanya apakah balik nama bpkb kendaraan RODA 2(MOTOR)
          perlu pergantian bpkb baru,sedangkan bpkb asli dari tangan pertama sj msh ada,asli lengkap surat surat.dan dikenakan biaya pembuatan bpkb.trimksh infonya.mohon dijawab kkrn sy heran sj bru mengetahui info tersebut.trimksh.

    8. Permisi Pak,Mau Nanya Nih,Kalo Mau Mutasi Plat Motor Dari KT(Kaltim) Ke Plat DN (Sulteng) Apa Aja Ya Pak Persyaratannya?Dan Berapa Adminidtrasinya?
      Terima Kasih

    9. Untuk pembayaran pajak kendaraan bermotor apakah harus balik nama kendaraan dahulu, sedangkan sy pemilik motor yg ke 2 dr motor second yg sy beli

        1. Klw masalah yang ni pak karena kehilangan STNK satu tahun sulam dan di haruskan balik tp pemilik motor atas nama ibu saya sendiri apakah wajib balik nama pak sedangkan BPKB asli msh di leasingkan

    10. Bisa cek kah mas, untuk plat nomor saya jadi atau belum ? soalnya sudah setahun lebih ?
      Terima kasih.

    11. Nanya min, kan ada pemutihan dari pergub dari bln juni s/d september.pertanyaan saya, apakah denda kendaraan yg lambar bayar akan diputihkan denda atau tetap kena denda…
      Terima kasih min

    12. Siang Pak saya mau tanya ,sya kredit motor bekas melalui leasing pak,setelah lunas di bpkb dan STNK nama perusahaan .skrng saya mau balik nama sklian bayar pajak 5 Tahunan pak,tpi sya tidak punya kwitansi yang bermaterikan pak yang ada cuman pelepasan hak,apa msih bisa di proses pak ,berikan solusinya,karena perusahaan yg tertera di bpkb sudah tutup ,sekian dan terima kasih

    13. Admin, saya mw tanya,.. pajak motor saya jatuh tempo bulan Juni 2105 hingga saat ini juli 2017saya belum bayar,perkiraan yg saya harus bayar berapa ?? Terimakasih

    14. Slmt mlm admin..saya la suhadi domisili banjarmasin(kalsel).dlu thun 2013 saya beli motor secara kredit di samarinda(kaltim) dan atas nama teman saya yang domisili samarinda.dan motornya sekarang ada di banjarmasin.untuk kemudahan pembayaran pajak saya harus balik nama dan mutasi ke kalsel tapi pertanyaannya bagaimana solusi dan persyaratan nya untuk balik nama dan mutasi tersebut ? Sedangkan yg atas nama pertama di BPKB telah meninggal dunia. Mohon informasinya. Thanks

    15. yth admin.

      pajak kendaraan bermotor saya mati 7 tahun dan platnya mati 3 tahun. sementara ini kan masih ada pemutihan jadi yang dibayar itu apa pajak pokoknya saja atau ada denda

    16. mau perpanjang stnk dan perpanjang plat nomor tetapi BPKB asli masih di leasing.gimana ya ??? dan ini telat bayar 1 minggu apakah hitungannya pembayaran pokok 2 tahun ??

    17. Yth. Admin. Saya mw menanyakan untuk pembayaran STNK / 5 tahun berapa ya plus dendax. motor kawasaki ninja 150 rr tahun 2012. Terima kasih.

    18. Permisi admin, bisa tolong di cek pajak no polisi KT 3153 ZN???
      Berapa yg harus saya bayar sekalian ganti STNK yg hilang???

    19. pak, jawaban sms ke 08115857070 koq tidak sesuai dengan program pemutihan pajak 2018 ?
      Tertulis : PKB & Denda :150.000
      SWD & Denda : 148.000
      Total : 298.000
      PJK: 12/08/2015 s.d 12/08/2019
      Padahal motor saya honda legenda 100cc tertulis di STNK 2015 PKB : 99.000, SWDKLLJ : 35.000

      Dimana letak Pemutihannya ??

  1. Data yang diberikan via sms adalah menggunakan sistem yang sama dengan data yang digunakan di Kantor Samsat. Kalau memang dirasa tidak sesuai dengan data kendaraan bermotor yang anda maksud dapat diinformasikan kepada kami agar dapat kami klarifikasi.

    Terima Kasih.

    1. Admin mau nanya lagi, apakah boleh perpanjang stnk 5 tahun dengan menggunakan fotokopi KTP pemilik sebelumnya, saya belum bisa balik nama dikarenakan BPKB masih dibank, dan pihak bank tidak mengizinkan balik nama untuk BPKBnya saat ini,

    2. Selamat siang admin. Sesuai pergub no 17 tahun 2017 kebijakan gubernur kaltim tentang pemberian keringanan pajak yg berlaku dari juni sampai september itu apakah berlaku.jadi begini admin, awal mei saya tanya denda pajak motor saya via sms. Nah hari ini saya cek lagi biaya pajak saya via sms tapi tidak ada pengurangan atau keringanan biaya. Kira2 apakah berlaku

  2. nopolnya belum ada karena stnknya juga belum jadi. apa bisa di cek lewat no rangka atau mesin saja kalau sudah di proses atau belum surat suratnya. karena kalau tanya ke dealernya banyak bohongnya aja.

    1. Silahkan langsung datang ke Samsat Induk dengan melengkapi syarat2nya sebagai berikut :

      1. Copy KTP daerah tujuan.
      2. STNK asli dan copy
      3. BPKB asli dan copy
      4. Kwintasi pembelian
      5. Cek Fisik Ranmor (dilakukan di Kantor Samsat induk)

      Untuk informasi lebih jelasnya dapat langsung di Samsat Induk.

      Terima Kasih

      1. Selamat siang Admin,mobil saya ford ranger KT-8784-KJ,mau balik nama ke Jateng,semarang itu estimasi biayanya berapa ya?dan untuk pajak tahun 2017 bulan desember akhir ini ikut dibayarkan dijuga atau tidak ya?terimakasih…

        1. Min untuk bea balik nama kendaraan masih gratis tidak? Dan biaya balik nama untuk kendaraan bermotor berapa ya. Terima kasih

  3. Admin,mhn info posisi saya saat ini di banjarbaru,kalau sy mau bayar pajak gimana ya?apakah bisa melalui transfer bank,mhn info nya,terimakasih

    1. Sekarang bisa membayar Pajak Kendaraan Bermotor melalui ATM BNI pak/bu.

      – ketik “INFO KT-1234-ABC” dan kirim ke nomor 08115857070 untuk mengetahui besaran yang harus dibayar
      – ketik “ESAMSAT KT-1234-ABC” dan kirim ke nomor 08115857070 untuk mendapatkan kode bayar.

      Terima Kasih.

  4. apakah ada alur / prosedurnya… dan apabila ditilang karena pajak stnk belum dibayar.. itu bagaimana… padahal kita udah bayar pajak…

  5. Mau tanya motor saya telat 11 bulan dari batas bulan 1 tanggal 18 2016 pajak 200rb tapi tahun 2017 saya jg hrs bayar pajak +ganti plat browse jumlah biaya yg harus saya bayar? Terima kasih

          1. Mau tanya pak,apakah bisa menghidupkan plat (perpanjang STNK 5 tahun) penajam paser utara di samarinda?

  6. Dear Admin, untuk fasilitas pembayaran online e-samsat apakah cuma bisa dilakukan via rek BNI? Bagaiamana dengan rek bank yg lain?

  7. Pak Admin. cara membayar pajak dengan kondisi saya di bontang dan tidak bisa ke samsat samarinda, cara bayarnya bagaimana? apakah ada sistem online?

    Mohon Infonya Pak.

      1. Pak Apa benar melakukan pembayaran melalui samsat UPTD (tujuan bayar samsat samarinda lewat samsat bontang) itu dikenakan biaya tambahan (tanpa kuitansi/Nota). kalau benar besarannya berapa?

        ataukah pembayaran sama dengan melakukan di samasat tujuan tanpa biaya adm tambahan..
        mohon infonya pak.

        Oia satu lagi, saya coba bayar lewat online dan gagal sebanyak tiga kali, keterangannya system gangguan.. pertanyaan saya apakah benar kalau lewat esamsat harus nama rekening dan data stnk sama. (saya sebagai pemilik kedua dan belum balik nama.

  8. Admin, Saya mau balik nama sekaligus bayar pajak tahunan. Untuk pajak tahunan tahunan sy cek via SMS & sudah terjawab. Gimana untuk balik nama? Apa saja berkas yg harus dilengkapi & berapa tambahan biayanya? Nopol KT 6158 IN

          1. Berapa tahun mati pajakx ini pak.saya beli tidak ada stnk nya.cuma bpkb saja.ini nomor pelatnya kt 6178 nj.mohon bantuannya pak.085342416224

  9. Admin saya mw tanya , saya waktu itu kehilangan dompet dan STNK saya d dompet tersebut , motor saya udah mati dengan plat kt 5266 WD , saya mw cek pajak dan biayanya bisa ,, biar bisa siapkan untuk pengurusan selanjutnya , terima kasih

    1. asslamulaikum,
      mohon info admin,
      sy mau bertanya kira” berapa ya kisaran pengurusan balik nama motor vario 125 th 2012 dan semisal kami msh tdk cukup dana karena ketepatan perpanjang STNK dan biaya perpanjng no plat motor.mohon infonya bpk,motor kami beli second.apakah tdk bisa ya ada kebijakan dng memperpanjang STNK dg nm kerdaraan pemilik pertama semisal qt bs membawa/menunjukkan STNK asli jg dlm pengurusannya.bingung jg dg sistem pembyran perpanjng STNK saat ini.mohon info akurat ttg biaya SWDL dan Biaya admint stnk brp ya..krn dri info yg sy dpt kok beda beda..trmksh..utk menghindari kesalah pahaman.

  10. dear admin, ini sudah tanggal 3 januari, apakan e samsat sudah bisa digunakan, karena posisi saya di samarinda sedang motor saya nopol balikpapan, mohon solusi trims

    1. e-samsat (pembayaran melalui ATM BNI) sudah bisa dipergunakan bu.
      Silahkan sms ke nomor : 0812 585 7070
      ketik “INFO KT-1234-ABC” (tanpa tanda petik) untuk mendapatkan informasi jumlah yang harus dibayar
      ketik “ESAMSAT KT-1234-ABC” (tanpa tanda petik) untuk mendapatkan kode bayar

      Terima Kasih

  11. klo byar pjak di utamakn .Balik namanya di tunda dulu bisa kah min.???”gini lo saya beli mobil second .dan sudah wyahnya ganti plat dan stnk untuk 5 thn kedepan .v nama masih pakai nama pemilik awal z dulu .balik namanya entaran aja bisa nggk ya???”

  12. Saya sudah sms dua kali INFO KT-3609-LV ke no diatas tetapi balasannya MAAF,DATA TIDAK DITEMUKAN.FORMAT SMS: INFO KT-1234-ABC.

    mohon bantuannya min buat check jumlah pajak yang harus saya bayar.. supaya bisa saya siapkan dananya..

  13. Mau tanya pak/ibu.. stok saya dah 5 tahun platform Balikpapan.. saya domisili di samarinda mau ngurus balik nama dan pajak lima tahunan boleh disamarinda atau harus kebalikappan… trims y bapak/ibu dispenda

  14. Pak bsok itu pajak kendaraan sudah naik saya check lewat admin baru ini pajak saya seperti biasa … kira2 bsok apakah berubah atau hitungan yang saya chexk sekarang sudah mengikuti yang baru

    1. Mohon izin,

      dibantu konfirmasinya mengenai bisa tidaknya proses balik nama tanpa mutasi (KTP Mobil SMD, KTP saya Balikpapan) =>status mobil second.

      terimakasih sebelumnya.

  15. mohon maaf selamat siang apakah bisa minta tolong cek besaran pajak plus denda kendaraan bermotor saya info KT3553FF. terimakasih banyak sebelumnya karena saya sedang di luar kota, dan ingin segera menyelesaikan birokrasi tersebut. terimakasih

      1. okay. terima kasih banyak atas informasinya
        lalu untuk pengecekan secara online untuk daerah Tarakan atau Kalimantan Utara, bisakah saya mengetahui protokol atau link yg bisa saya kunjungi secara online. terima kasih.

  16. Selamat sore Admin, apakah boleh perpanjang stnk 5 tahun dengan menggunakan fotokopi KTP pemilik sebelumnya, saya belum bisa balik nama dikarenakan BPKB masih dibank, dan pihak bank tidak mengizinkan balik nama untuk BPKBnya saat ini, mohon informasinya admin, terima kasih.

      1. Mengapa utk meminta kode bayar susah sekali. selalu jawaban maaf, data tidak ditemukan atau tidak melakukan pembayaran melalui ATM.
        Sedangkan saya masih di NTT hingga bulan Juni 2017, mau bayar via atm.
        KT-3607-YS

  17. Slmt sore admin…sy tinggal di bontang…mobil sy kt smd….saat mau byr pjak ternyata sdh di blokir sm pemilik pertama …mhon solusinya dan bgm caranya….mks

  18. Dear Admin, apakah ada wacana penghapusan denda keterlambatan pembayaran pajak kendaraanuntuk wilayah kaltim? Seperti di Jawa..

    1. bisa dilalukan lewat pelayanan esamsat bu.

      ketik :
      INFONOPOL contoh “INFO KT-1234-ABC” untuk mengetahui besaran pajak
      ESAMSAT
      NOPOL contoh “ESAMSAT KT-1234-ABC” untuk mendapatkan kode bayar
      SMS ke nomor “0811 585 7070”

      sementara ini pelayanan kami beru bekerja sama dengan BanKaltim dan BNI.
      dilanjutkan dengan pembayaran via ATM dengan memasukkan kode bayar yang telah didapatkan via SMS .
      Terima Kasih

  19. Min, klo mau bayar pajak stnk tahunan tp fotocopy ktp pemilik hilang bagaimana? Apa bisa pakai ktp sndri. Ktp bontang, motor plat samarinda. Motornya second. Pemilik yg lama alamatnya sdh pindah min?

  20. admin.sy mau tanya..angkat berkas plat kh ke medan berapa lama dan berapa biaya nya ya..bs minta no hp admin..mun petunjuk

  21. Mohon petunjuk admin, bisa kah di web nya di bikin alur dan tata cara pembayaran via atm agar masyarakat tidak salah dalam mendapatkan informasi, dari mendapatkan informasi besaran pajak lalu mendapatkankan kode bayar, hingga petunjuk pembayaran melalui menu ATM ( melalui menu transfer atau apa?), dan setelah pembayaran apa yg harus dilakukan. saya yaklin dengan adanya esamsat akan mempermudah masyarakat dalam membayar pajak. saya tunggu sosialisasi nya di web ini min, terima kasih

  22. Maaf mau tanya… Saya coba cek pajak nopol saya via sms, tidak ada balasan sama sekali. Sudah ditunggu lama… Wilayah bontang apakah beda y?

  23. Kalau mau bayar pajak tahunan. Plat KT Tenggarong bayar nya di samsat Kutim bisa ga ya. Mohon pencerahan nya. Dan kalau bisa syarat nya apa ya.

  24. mohon informasi: Apakah bayar pajak STNK yang telat 4 hari bisa di Samsat Drive Thru, Samsat Payment Point? persyaratannya apa saja?

      1. Oya. Min. Kalo melakukan pembayaran pajak online, apakah kita mendapat slip atau bukti seperti yg tertera d STNK.? Soalnya takut nanti pas ada razia trus di STNK itu masih belum ada Stempel dan bukti PKB yg baru.
        Makasih sebelumnya

  25. Dear Admin, berkali-kali kirim cek info pajak kendaraan “INFO KT-1846-RB” ke 08115857070 tidak ada balasan, mohon dibantu, Tks..

  26. KT-5697-OE | YAMAHA 14D (AL115C/MIO SOUL) Th: 2010 | PKB & Denda: 156.000 SWD & Denda: 35.000 PNBP: 25.000 | PJK: 23/02/2017 s.d 23/02/2018

    Ini 35rb denda apa ya Pak?

          1. pengesahanya apa harus di tempat asal kendaraan
            tdi motor samarinda sudah bayar pajak via atm bni mau pengesahan skpd nya di batakan balikpapan katanya harus di samarinda

          2. Terima Kasih atas ketaatan Bapak / Ibu dalam membayar Pajak Kendaraan Bermotor dan atas perhatian dan koreksinya yang sangat berguna untuk perbaikan pelayanan kami.
            Mengenai kejadian yang Bapak / Ibu alami kami mohon maaf karena ada kesalahpahaman prosedur dengan petugas kami di lapangan dan sudah kami koordinasikan kembali di internal kami.

            Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor yang sudah dibayarkan via ATM BNI (e-Samsat) dapat kami informasikan bahwa pencetakan SKPD asli dapat dilakukan di samsat mana saja dalam wilayah Provinsi Kalimantan Timur.
            Kecuali pengurusan perpanjangan STNK, Balik Nama, Mutasi dan hal lain yang berkaitan dengan perubahan identitas kendaraan bermotor harus diproses di Samsat Induk sesuai Wilayah dimana kendaraan tersebut terdaftar.

            Demikian yang dapat kami informasikan, silahkan datang kembali ke samsat terdekat untuk mencetak SKPD asli yang telah dibayar via ATM dan mohon maaf atas ketidaknyamanan ini.

            Terima Kasih

          3. siang pak..pencetakan SKPD asli hanya membawa STNK dan struk pembayaran dari atm saja???? Perlukah FC KTP?? dan bagaimana jika pencetakan SKPD diwakilkan org lain??? Dokumen apa yg perlu disertakan???

          4. Untuk Pembayaran Pajak Tahunan dapat dilakukan melalui ATM BNI/Bankaltim yang terdekat, namun untuk Pencetakan SKPD nya hanya dapat dilakukan pada Samsat di Kaltim dengan menukarkan Struk Pembayaran di lengkapi KTP yang sesuai dengan data kendaraan dan STNK asli.

    1. Silahkan gunakan fasilitas sms info pak. ketik “INFO KT-1209-KH” kirim ke nomor “0811 585 7070”

      Pembayaran pajak bisa dilakukan dengan layanan e-samsat melalui Bank BNI atau Bank Kaltim. ketik “ESAMSAT KT-1209-KH” kirim ke nomor “0811 585 7070” untuk mendapatkan kode bayar.

      Untuk kendaraan yang bukan atas nama pribadi mohon maaf tidak bisa dilayani dengan fasilitas e-Samsat.

      Terima Kasih

          1. Untuk pembayaran pajak tahunan bisa dilakukan secara online pada samsat induk mana saja dalam wilayah provinsi Kalimantan Timur. Untuk persyaratan yang diperlukan silahkan langsung datang ke samsat induk terdekat.
            Terima Kasih

  27. Dear admin mau tanya apakah bank kaltim tiap hari melayani pembayaran pajak tahunan.dan apakah bisa cuman bawak STNK aja tanpa membawa foto copy BPKB soalx jauh mau ambil foto copy nya masih tahap cicilan mobil

  28. min mohon bantuan untk cek nopol KT 8797 MV brp pajak terhutang berikut dendanya krn posisi sy ada dijkt biar sy bs siapkan dananya dan brkt kesamarinda untuk pengurusan tq

  29. Mohon izin bertanya admin.
    Saya sudah mengirim sms info pajak dan mendapatkan balasan pajak tahunannya. Yang saya tanyakan adalah berapa biaya tambahan pajak 5 tahun beserta balik nama untuk kendaraan sepeda motor. Mohon diinfokan terima kasih admin.

          1. Admin mohon bantuannya.
            Saya sudah melunasi pajak dan balik nama,namun ada kesalahan dalam input data yang tertera di STNK yaitu pada alamat yang tidak sesuai dengan KTP yang seharusnya RT.98 menjadi RT.96. Mohon koreksi dan solusinya admin. Terima kasih.

  30. Barusan saya bayar pajak kendaraan bermotor tahunan lewat atm BNI,di karenakan kendaraan saya domisili aslinya dari Samarinda sedangkan saya sekarang berada di Balikpapan.Setelah saya bayar pajak lewat atm saya langsung menuju samsat yg ada di Batakan Balikpapan. sesampainya disana saya menanyakan perihal pencetakan stn k setelah itu sampai di bagian informasi saya di beritahu oleh polisinya bahwa pencetakan stnk harus di Samarinda karena kendaraan saya dari Samarinda, padahal saya ada melihat komentar Admin DISPENDA KALTIM yang bertuliskan seperti ini “Untuk pembayaran via rekening BNI dilakukan melalui ATM BNI pak, untuk pencetakan Surat Ketetapan pajak yang asli dapat dilakukan di Samsat mana saja dalam wilayah Provinsi kalimantan Timur” apa iya saya harus ke Samarinda?

    Mohon bantuan dan pencerahannya ADMIN

    Terima Kasih Banyak sebelumnya

    1. Terima Kasih atas ketaatan Bapak / Ibu dalam membayar Pajak Kendaraan Bermotor dan atas perhatian dan koreksinya yang sangat berguna untuk perbaikan pelayanan kami.
      Mengenai kejadian yang Bapak / Ibu alami kami mohon maaf karena ada kesalahpahaman prosedur dengan petugas kami di lapangan dan sudah kami koordinasikan kembali di internal kami.

      Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor yang sudah dibayarkan via ATM BNI (e-Samsat) dapat kami informasikan bahwa pencetakan SKPD asli dapat dilakukan di samsat mana saja dalam wilayah Provinsi Kalimantan Timur.
      Kecuali pengurusan perpanjangan STNK, Balik Nama, Mutasi dan hal lain yang berkaitan dengan perubahan identitas kendaraan bermotor harus diproses di Samsat Induk sesuai Wilayah dimana kendaraan tersebut terdaftar.

      Demikian yang dapat kami informasikan, silahkan datang kembali ke samsat terdekat untuk mencetak SKPD asli yang telah dibayar via ATM dan mohon maaf atas ketidaknyamanan ini.

      Terima Kasih

    1. Nopol : KT-8080-MB
      Masa Pajak : 10-05-2013
      Masa STNK : 10-05-2017

      Pokok PKB : 14.190.000
      Denda PKB : 1.114.300
      SWDKLLJ : 652.000
      Denda SWDKLLJ : 400.000
      Bea PNBP : 50.000

      Total : 16.406.300

      Mohon maaf untuk balasan SMS nya pak, akan segera kita perbaiki. Terima Kasih

  31. pak mau tanya sy motor bekas mau urus pajak tp di stnk lain nama sy apa bisa di urus…sbb kata orang kalo bukan nama sendiri tdk bisa bayar pajak motor dan harus balik nama dulu mhn info nya

  32. bpk/ibu, untuk pembayaran leawat atm bni(e-samsat), kita tidak harus punya atm bni kan ?

    apakah untuk pengambilan surat aslinya di samsat tidak membutuhkan persyaratan yang lain lagi?

    tks

    1. Pembayaran via ATM sementara ini hanya bisa dilakukan via ATM BNI atau Bank Kaltim, demikian juga dengan rekeningnya, harus rekening BNI ato Bank Kaltim karena sistemnya mendebet langsung saldo di rekening kedua bank tersebut secara otomatis. Untuk pencetakan atau pengambilan SKPD yang asli dapat dilakukan di samsat mana saja dalam wilayah Provinsi kalimantan Timur dengan membawa KTP, STNK/SKPD asli, dan struk pembayaran yg sudah didapat dari ATM.
      Terima Kasih

  33. Mind, saya mau tanya, saya mau balik nama motor saya, motor saya platnya balikpapan, terus balik nama atas nama saya, tapi ktp saya tenggarong apakah bisa ?
    Apa harus mutasi ?

      1. Sudah saya sms bapak/ibu,,itu info pajak stnk tahunan saja atau sudah 5 tahunan ya,termasuk biaya pembuatan plat nomor barunya untuk 5 tahun kedepan…

      2. Mohon bantuanya untuk cek KT 8610 BO.karna tidak keluar. mobil tsb dr tahun 2010 mati pajak krna terjadi kclkaan parah.mohon bantuanya untk dpt keringankeringanan dendadenda.trimaksih

    1. Untuk Pembayaran Pajak Tahunan dapat dilakukan melalui ATM BNI/Bankaltim yang terdekat, namun untuk Pencetakan SKPD nya hanya dapat dilakukan pada Samsat di Kaltim dengan menukarkan Struk Pembayaran di lengkapi KTP yang sesuai dengan data kendaraan dan STNK asli.

  34. selamat siang pak. mohon informasinya tentang PKB nopol KT 1570 AA. saya sudah akses via sms dan sudah ada rinciannya + dendannya jumlah 1.353.000. tapi saya posisi madiun dan menyuruh orang untuk bayar PKB saya tapi katanya 1.600.000 apa betul segitu pak apakah ada biaya lain” selain rincian yg saya dpat dri sms ? mohon informasi dan rinciannya pak terima kasih banyak.

  35. Min,
    Kalo saya bayar di ATM, bukti bayar ATM nya gak usah ditukar dengan SKPD asli bisa? Stuk ATM bisa sebagai bukti sah sudah dilakukan pembayaran seperti esamsat daerah lain?

  36. Pak , mau tnyaa kan plat kt papa saya mati honda beat ..di plat kt nya itu yg tulisan kecil nya 02.15

    Tu bbrrti mati dua tahun ya

    Brp byarnya pak

  37. Pak aku punya avanza thn 2011 type g
    sejak thn 2013 gak bayar pajak.
    kalau saya mau ngidupin lagi di tahun 2017 ini berapa ya gambaran habisnya

  38. min….sya mau cabut berkas untuk proses balik nama karena kendaraan tersebut kena pogresif..tp pajaknya telat 2 bulan…tolong pencerahannya..

  39. Malam pak. Sy ada rencana membeli kendaraan Second dengan Nopol KT. Posisi kendaraan ada di jakarta, dan rencana akan sy mutasi menjadi B jakarta. Nama pemilik sebelum nya adalah nama perusahaan. Kelengkapan berkas apa saja yg harus sy siapkan utk mencabut berkas? Dan apakah bisa cek disik bantuan di jakarta. Trimakasih

  40. Min mau nanya dong kan saya beli motor di tarakan terus saya pindah ke balikpapan dan pajak motor saya sudah mati selama 5 tahun. Untuk menghidupkan stnk nya itu harus ke tarakan lagi atau bisa di balikpapan?

    1. Pencetakan SKPD asli dapat dilakukan di samsat induk mana saja dalam wilayah Provinsi Kalimantan Timur.
      Kecuali pengurusan perpanjangan STNK, Balik Nama, Mutasi dan hal lain yang berkaitan dengan perubahan identitas kendaraan bermotor harus diproses di Samsat Induk sesuai Wilayah dimana kendaraan tersebut terdaftar.

  41. min bayar d atm bni carax gmn.. Saya punya kendaraan plat grogot saya tinggal di balikpapan,, ktp pemilik asli teikut di bank sm bpkb saat pinjaman dana.. Lalu bgmana vmcara membayar pajakx

  42. mantap ini namanya pelayanan prima yg penting wajib pajak membayar pajaknya dan tolong tidak dipersulit urusannya. salut Dispenda prop. kaltim

  43. Malam bapak/ibu admin
    Saya mau perpanjang pajak motor plat kaltim cuma posisi saya sekarang di bali.
    Mohon solusi nya ?
    Terima kasih

    1. Untuk Pembayaran Pajak Tahunan dapat dilakukan melalui ATM BNI yang terdekat, namun untuk Pencetakan SKPD nya hanya dapat dilakukan pada Samsat di Kaltim dengan menukarkan Struk Pembayaran di lengkapi KTP dan STNK, info lebih lanjut dapat dilihat di website kami. terima kasih.

  44. saya bs cek, tapi untuk mendapat kode bayar di balas ‘maaf, data tidak ditemukan sudah berulangkali sy coba untuk KT 3285 VE

  45. Permisi admin
    Saya beli kendaraan KT seri LA domisli di sumatra tepat nya dibengkulu. Apakah bisa berkas untuk Mutasi/balik nama saya kirim atau mohon info bantuannya?

    1. Berkas yang terkait Mutasi atau Bea Balik Nama (BBN) sangat penting dan berharga, untuk itu dianjurkan kepada pemilik yang bersangkutan langsung mengurus proses di Samsat tanpa melalui pihak ketiga atau calo karena dikhawatirkan terjadi kesalahanpahaman proses atau terselipnya berkas, Untuk Cek Fisik Kendaraan dapat dilakukan pada Samsat yang terdekat melalui cek fisik bantuan.

  46. Maaf bisa di bantu estimasi biaya mutasi masuk ke kukar untuk mobil avanza 1,5 atau kita mau lihat tabel biaya di mana

  47. hi admin.. mau nanya.. sy telah melakukan pemby melalui atm bni utk pembyaran pajak kendaraan plat KT.. saat ini saya berdomisili di sumatera utara.. saya ingin bertanya apakan pencetakan SKPD bole di wakilkan dengan membawa struk asli,stnk dan ktp asli ke samsat balikpapan?? Apabila tidak bisa di wakilkan bole kah pencetakan SKPD nya di lakukan setelah 6 bln dr pembayaran pajak tsb?? terima kasih

  48. Min mw tanya, biasanya saya bayar pajak tahunan 1,79jt tapi sekarang jadi 4jtan bisa di rincikan pembayaran apa aja min dengan KT 1637 LM ? Terimakasih

  49. Maaf mi mau nanya saya punya mobil 2 yg satu udh di jual dan saya mau bayar pajak mobil ko kena pajak progresif 2 pdhl udh di jual? Ap aj yg harus saya lakukan…?? ?

    1. Mekanisme Pwmbayaran Melalui ATM Bank Kaltim
      1. Pilih menu layanan umum
      2. Pilih menu Pembayaran SAMSAT
      3. Pilih kode Wilayah ( Daftar kode wilayah ada pada menu ATM) + kode bayar ( Nopol kendaraan 4 Digit angka dan dilanjutkan dengan memasukkan huruf sesuai konversi )
      4. Muncul tampilan tagihan dan informasi kendaraan bermotor
      5. Pilih lanjutkan pembayaran
      6. Transaksi berhasil

  50. Bisakah bayar pajak via ATM BNI sementara nama rekening BNI berbeda dg nama pemilik kendaraan, krn sy tidak punya rek. Bni

  51. Min, permisi mau nanya, jika stnk masa berlaku sampai dengan 8 maret 2017, apakah denda nya sudah muncul jika dibayarkan pada tanggal yg sama (8 maret 2017)? terima kasih

  52. Min, Permisi mau nanya jika pajak stnk berlaku s/d 8 maret 2017, apakah denda pajak akan muncul jika dibayarkan di tanggal 8 maret 2017? mohon infonya, terima kasih

  53. Admin, kendaraan saya plat balikpapan, dan sy tidak punya rekening BNI atau BPD Kaltim. bisa kah saya bayar melalui transfer atau langsung ke bank BNI atau BPD ?, krn saat ini sy sedang berada di luar kaltim. Thanks

  54. Mohon bantuan, jika plat Melak kutai barat, bisa kah memperpanjang STNK di samarinda, kota tenggarong atau kota bontang Trims adm

  55. Berapa Bea Balik Nama untuk Kendaraan Daihatsu tahun 2014 Silinder 1.298 cc Mesin Bensin untuk wilayah yang sama. Jadi hanya ganti pemilik saja. trims

  56. Permisi Admin ..
    Mau tnya sya mau gnti plat kendaran sma perpanjang stnk .. Tpi kendaraannya posisi lg d luar kota dan blm d mutasi ap bisa d perpanjang d samsat smd tnpa ad fisik kendaraan , sma biaya yg d keluarkan berapa dan persyaratannya ap saja .. Trims ..

  57. Mohon info untuk mutasi sepeda motor dari batu licin kebalikpapan tetapi sepeda motor ya sudah di balikpapan mohon info apakah bisa proses mutasi di lakukan di balikpapan aja…??

  58. Admin bapenda…. Saya ingin tanya, kendaraan saya bernopol Balikpapan, apakah saya bisa membayar pajak tahunanya di SAMSAT kab. Paser/titip bayar, dan Jika bisa apa nominal biayanya akan lebih besar dibanding saya bayar langsung ke SAMSAT Balikpapan?

  59. saya mau tanya .. saya beli motor di muara wahau kalimantan timur trs mau saya mutasi ke malang jawa timur apa bisa d proses semua di samsat malang jawa timur

  60. Mohon ijin bertanya Pak, berapa lama penerbitan BPKB dan plat nomor polisi untuk
    Kategori sepeda motor yang dibeli tunai. Terima kasih

  61. Admin mau tanya aplikasi samsat kaltim di play store kok blm ada ya,,kalteng,jatim sdh ada jadi langsung bisa dicek lwt aplikasi ..trimakasih

  62. Maaf admin, saya sudah bberapa kali mencoba cek pajak kendaraan saya,.. tapi jawaban selalu ” maaf data tidak ditemukan ”
    mohon solusinya.

    KT-4208-MO

    Trimakasih

    1. sekalian yang plat ini… rencana mau saya bayar semua pajak nya…

      KT 4346 CF

      yang via sms hasilnya tetap sama, data tidak ditemukan.

  63. Assalamu Alaikum wr.wb. maaf pak mau tanya,kalau bayar pajak kendaraan Plat samarinda ,cuma kalau bayar lewat ATM bank Kaltim di Kutai Timur boleh ngak.karena sudah bisa melakukan pembayaran via bank kaltim kerjasama dengan Samsat Kutai Timur.

  64. Maaf pak sudh beberapa kali saya coba INFO KT-3670-KM kok “MAAF, DATA TIDAK DITEMUKAN. FORMAT SMS: INFO KT-1234-ABC” terus ya pak
    Tolong diChek kan pak besaran pajak yang harus dibayar

      1. Apakah bisa diChek dlu besaran pajak yang harus dibayar sebelum dibayar ?
        Karena saya mau urus kehilangan STNK pak

  65. ADMIN YANG TERHORMAT; MOHON DIJELASKAN KENAPA SAYA TIDAK BISA MEMBELI MOTOR D DEALER SECARA CASH DENGAN MENGGUNAKAN KTP LUAR DAERAH KALTIM/BALIKPAPAN?

    terimakasih….

  66. Malam mas,mo nanya dan bantuannya,saya di jateng,punya trek plat samarinda,mati pajak 3 tahun desember 2017 besok,bisa minta tolong kira-kira habis berapa ya,biar saya siap-siap uangya,tri akasih

  67. Yth, Admin…
    Pencetakan skpd apakah harus membawa KTP asli pemilik kendaraan? Atau bisa fotocopy saja? Mohon dijawab dg jelas.
    Terimakasih

  68. Pak saya ingin bertanya kenapa jika ingin membayar pajak stnk tahunan harus memakai ktp asli ? Sedangkan saya pemilik mobil tangan ketiga dan jelas bukan mobil curian atau sebagainya karena bisa dibuktikan dengan bpkb asli, dan ktp tangan pertama mobil tersebut saya hanya memiliki fotocopy ktp berwarna, saya urus lalu dapat notice “tahun depan harus balik nama”, dan syarat balik nama tidak memakai ktp asli tangan pertama cukup ktp pemilik baru yang sekarang dan bpkb dan sebagainya, bagaimana penjelasannya ? Biaya balik nama 80% persen dari pajak tahunan,belum biaya pajak tahunan sendiri, bagaimana solusinya ini pak ? Kalau pun saya balik nama tolong diringankan tanpa biaya atau ikit pemutihan atau alangkah baiknya tujuan saya ini sebagai warga negara Indonesia yang baik membayar pajak bukan meminta uang atau sebagainya tolong dipermudah pengurusan pajak tahunan stnk tanpa KTP asli pemilik pertama, Saya mohon dengan hormat bapak Samsat yang terhormat.terima kasih

    1. Untuk Baliknama kendaraan sudah diatur dalam Undang-undang Negara, untuk lebih jelasnya bisa dibuka dimenu “PRODUK HUKUM” pada Website kami,Identitas kepemilikan kendaraan Wajib disesuaikan dengan kepemilikan yang sekarang,contoh sering terjadinya kecelakaan, Curanmor,kejahatan. Hal ini jadi dapat memudahkan dalam mengetahui kepemilikan kendaraan saat ini, untuk besaran biaya Baliknama bukan 80% tetapi hanya 1% dari nilai jual kendaraan bisa dibuka dimenu “MODUL WAJIB PAJAK” Pada point “NILAI JUAL KENDARAAN” berdasarkan tahun pembuatan,tipe kendaraan, jenis kendaraan

  69. Yth. Admin
    pagi min, tanya min. saya mau balik nama kendaraan R-2 tapi keadaan kendaraannya mati pajak 2 tahun. saya sms di 08115857070 ketik KT-3324-WT tidak ada konfirmasi lanjutan. sudah saya coba berkali kali. mohon konfirmasinya tentang pajak yang harus saya bayar nanti. trims

  70. Siang, sy ada motor dengn plat KT yang rencana mau saya blik nama ke AD.
    Prosedurnya bagaimana? Krn skrg saya sudah tidak tinggal di samarinda.
    Trm ksih

    1. Silahkan ke kantor Samsat pusat pada Bagian Mutasi Kendaraan Keluar Daerah, persyaratan BPKB, STNK asli, Cek fisik kendaraan, KTP yang tujuan, kwitannsi jual beli apabila balik nama,Bisa dibuka menu Modul wajib pajak di Mekanisme Wajib Pajak pada website kami

  71. Mau tanya saya kan beli motor disamarinda dan plat kt nya samarinda,saya mau ganti jadi plat kt berau itu apa aja syaratnya. Kerena sya mau pulang kampung… Itu motornya hrus dibawa juga apa gpp kt nya aja yg dibawa tuk ganti plat smd ke berau. Mohon jawabannya terimakasih

    1. Silahkan datang ke kantor Samsat pusat ke bagian Mutasi keluar, dengan membawa BPKB asli, STNK asli, Hasil cek fisik kendaraan dari petugas cek fisik, kwitansi jual beli bermatrai, KTP tujuan, Bisa di liat Di website kami DI Modul Wajib Pajak Mekanisme Mutasi Keluar

  72. Motor saya KT tapi berada di surabaya. Sudah 2 tahun nunggak pajak krn pindah domisili. Bagaimana cara bayar pajaknya jika sekalian ganti ke plat L surabaya sesuai KTP saya saat ini. Trims

  73. Halo min, mau tanya. Kan Alm. ayah saya punya Mobil Kijang dan tahun ini sudah pajak 5 tahunan.
    Nah,bagaimana ya, saya mau bayar pajak 5 tahunan tapi tidak ingin balik nama, tetap nama ayah saya saja karena kekurangan dana jika balik nama. Bagaimana prosedurnya ya? atau solusi yang terbaik bagaimana ya?

    karena kalau balik nama pasti biayanya agak mahal.
    Makasih admin 🙂

  74. 1.melakukan pembayaran via atm untuk kendaraan pribadi yang beli second (ex: plat samarinda) apakah dapat dicetak di samsat selain samarinda??

    trims

  75. Malam bapak/ibu
    Saya sudah bayar pajak motor KT 6419 IQ lewat atm bni (pemilik rekening tidak sama dgn atas nama pemilik motor)pada 1 maret 2017,tetapi blm sempat cetak skpd,apakah itu bermasalah? Struk aslinya sekarang sudah hilang tulisannya,,tp sempat saya ambil fotonya lewat hp..

  76. Mohon infonya saya mau bayar pajak 5 tahunan (ganti plat) mobil plat asal Bontang, apa bisa dilakukan di samsat Balikpapan ??

    1. untuk proses 5 tahunan (ganti plat), hanya bisa dilakukan di daerah asal kendaraan tersebut.
      namun apabila posisi kendaraan diluar daripada daerah asal kendaraan, dapat dilakukan cek fisik bantuan di SAMSAT Induk terdekat.
      selanjutnya, proses tetap dilakukan di daerah asal kendaraan tersebut. terima kasih

  77. admin, boleh minta info nomor hp pengurusan cabut berkas samsat bontang gak ?
    saya sedang proses cabut berkas wilayah bontang, mau menanyakan apakah sudah selesai atau belum karena saya sedang ada di luar kota

  78. Mohon bantuannya. Saya sudah sms berkali2 ke info kt 1352 ni. Ke nomer 08115857070 tapi nda ada balasan sama sekali.tolong di infokan di web ini besaran pajak sama dendanya.trimakasih.karena posisi saya sekarang di jawa,belum bisa cek ke samsat induk.

  79. Mohon bantuannya. Saya sudah sms berkali2 ke info kt 1613 F. Ke nomer 08115857070 tapi nda ada balasan sama sekali.tolong di infokan di web ini besaran pajak sama dendanya.trimakasih.karena posisi saya sekarang di luar kalimantan,belum bisa cek ke samsat induk.

  80. Kalau sdh membayar via atm bni, terus dapat struk. Lalu pencetakan SKPD bisa dimana saja di wilayah kaltim. Untuk pencetakan tsb, persyaratan apa saja yg harus dibawa ke samsat min? Makasih

  81. saya punya mobil r6 plat KT….cf, untuk bayar pajak tahunan di mna yg bisa min….dan posisi mobil nya di bjm. dan apa saja syarat nya

  82. Saya plat kubar, dan pajak2 kendaran dan plat hampir mati, saya ingin selesaikan gimana bisa ngurus di samarinda atau harus ke kubar?

  83. permisi min mau tanya kalau mau minta data pajak daerah dan jumlah kendaraan bermotor, baiknya saya kebagian apa ya min? terima kasih. dimohon balasannya

  84. Dear Admin,

    Mohon bantuannya, saya beli mobil plat kaltim, posisi saya dan mobil ada di Jakarta, bagaimana cara proses ,mutasi ke Jakarta sedangkan saya tidak punya kenalan di Kaltim, terima kasih atas jawabannya.

  85. Saya sudah sms tentang pajak kendaraan motor saya. KT-2274-CN
    Apakah balasan dari 08115857070 itu sudah real sesuai pajak dan dendanya.
    Soal nya pajak saya mati 1 tahun 9 bulan. Berlaku 21 Agustus 2015

  86. Dear Admin,
    saya baru beli mobil, tapi pajaknya mati selama 5 tahun, dengan STNK dan faktur pajak serta KTP pemilik lama hilang, rencana kendaraan akan saya mutasikan ke Kabupaten Tanah Bumbu Kalimantan Selatan.
    dengan kekurangan tersebut, bisakah dilanjutkan proses kelengkapan surat surat KB tersebut ?
    dan langkahnya bagaimana ?
    KB tersebut Pick Up Suzuki Futura Tahun 2008.
    mohon dbantu ya… tks

    1. Silahkan datang ke kantor samsat pusat dengan membawa kendaraan dam BPKB asli untuk dilakukan cek fisik kendaraan, kemudian lapor ke POLTABES melaporkan kehilangan STNK, kemudian ke bagian mutasi keluar daerah di samsat pusat dengan melengkapi berkas mutasi keluar BPKB asli, laporan kehilangan STNK, Kwitansi jual beli, copy KTP tujuan Kalsel

  87. Hi Admin,

    apakah bisa saya bayar pajak kendaraan di samsat balikpapan dgn plat luar balikpapan? jika tidak bisa, saya ingin melakukan mutasi kendaraan ke balikpapan. apa yang harus saya persipakan untuk melakukan mutasi masuk termasuk mutasi keluar dari daerah asal berhubung kendaraan sudah berada di Balikpapan. apakah saya bisa melakukan cek fisik si samsat balikpapan untuk buktinya dikirimkan ke daerah asal (tanpa membawa balik kendaraan) untuk pengurusan mutasi keluar?

    1. Untuk pembayaran ONLINE hanya bisa dilakukan Se kalimantan Timur kalau kendaraan dari luar kaltim tidak bisa untuk pembayaran pajak tersebut, untuk proses Mutasi bisa di cek fisik kendaraan di samsat Balikpapan, untuk proses mutasinya dari daerah asal kendaraan tersebut.

  88. Untuk Syarat balik nama BPKB dan STNK untuk mobil minibus pemakaian pribadi apa aja ya?..berapa biayanya/

    terima kasih

  89. Saya mao beli mobil honda jazz offrood dari surabaya, saya mao tanya biaya bbn dan lain2 berapa y. Apa biaya tersebut beda dimasing2 daerah?

  90. pak saya mau tanya,saya baru beli mobil suzuki amenity th 91.saya di jawa tengah.saya beli sudah ga ada stnk tapi bpkb ada dan nomor platnya KT108MD.saya mau urus mutasi pindah ke jawa tengah.tapi nomor tersebut saya saya cek tidak terdaftar.pertanyaanya berapa sebenarnya nomor plat mobil saya dan berapa info pajaknya da berapa biaya cabut berkasnys trimakasih

  91. Mohon ijin untuk bertanya, jika ingin mengganti identitas kendaraan seperti warna kendaraan pada BPKB dan STNK, persyaratan yang harus dipenuhi apa saja ya? Berapa biaya yang dibutuhkan serta di samsat mana yang bisa mengurus penggantian ini?

    Terima kasih admin

  92. Pak mau tanya stnk saya hilang
    Kemudian pajak saya juga telat berapa tahun saya juga tidak tau
    Untuk mengetahui berapa tahun pajak saya telat berapa tahun itu gimana pak ya
    Terima kasih banyak

  93. Pk saya mau tanya, motor saya plat DA kalsel, terus saya mau cabut berkas kejawa, tpi cabutnya di samsat samarinda atau balik papan bisa pa tidak pak. Makasih

  94. mobil KT 1598 M W jatuh tempo tanggal 25 Juni 2017. Pertanyaan : 1.Mengapa kena denda Rp 143.000 (SWD dan denda) dan PNBP Rp 50000 padahal belum tanggal jatuh tempo; 2: Apa Kriteria kena denda ; 3. Berapa seharusnya dibayar jika tidak kena denda; 4. Tanggal berapa seharusnya melunasi pajak agar tidak di denda.

      1. motor saya bernomorkan polisi daerah balikpapan, dan bulan depan saya ganti plat, apakah saya harus bawa kendaraan saya ke balikpapan atau saya bisa cek fisik di samarinda saja dan tidak membawa motor saya ke balikpapan ?
        mohon pencerahannya

  95. Admin mohon bantuan cek pajak Nopol KT-3895-ED ,Karna sudah mencoba via SMS INFO tidak ada balasan. Trima Kasih.

  96. Mohon informasinya apakah benar pertanggal 1juni 2017 ini ada pemutihan denda pajak dan balik nama untuk plat kaltim? Kemudian untuk proses balik nama apakah bisa menggunakan ktp non kaltim

  97. mohon informasinya pajak kendaraan perusahaan saya jatuh tempo pada 20 mei 2017.. pembelian di balikpapan.. apakah saya bisa membayar di atm pajaknya dan cetak skpd nya di kantor samsat tarakan pak?

  98. Yth.
    Bagaimana bila nominal yg diberikan saat kita cek pajak melalui SMS berbeda nominalnya dengan yang disebutkan pihak Samsat yang ada di bank BPD Kaltim…jika bisa melapor ke nomer mana saya harus melaporkan …trimss

  99. sudah coba sms ke 08115857070 untuk info bayar pajak dan minta kode bayar sesuai petunjuk, tapi jawabannya selalu data tidak ditemukan

  100. Malam pak. Mau tanya. Saya mau mengirim motor saya yg ada di bogor ke samarinda dengan plat F. Yang ingin saya tanyakan adalah : nanti saat perpanjangan pajak pertahun (bukan yg ganti plat), bisa kah di samarinda sini? Sudah online kah pak?

  101. Mohon informasinya apakah benar pertanggal 1juni 2017 ini ada pemutihan denda pajak dan balik nama untuk plat kaltim? apabila iya apa aja syarat nya

  102. Selamat siang admin. mulai tgl 1 juni di perlakukan PERGUB NO.17 Tahun 2017 tentang Pembebasan BBBN 2 dan denda pajak kendaraan bermotor, saya mau tanya ni admin. Pertengahan mei saya tanya denda pajak melalui via sms, dan sekarang karena ada pemberlakuan keringanan denda pajak saya kembali melakukan sms kembali tapi biaya tidak berubah/ normal. Motor saya mio sporty 2009.

  103. Pak, saya ingin bertanya. Sya membeli motor second. Dan saya pemilik ketiga. Dan ternyata bpkb dan stnk masih atas nama pemilik pertama dan saya hanya punya fc ktp pemilik kedua. Apakah bisa membayar pajak? Dan apa saja syaratnya. Trimakasih

  104. Met pagi admin. Saya baru beli kendaraan Plat Nomor KT 1427 BD dengan kondisi pajak telat 3 tahun plat nomor harusnya cetak 2016, saya ingin membayar pajaknya sekalian saya juga ingin mutasi surat nya ke Malang . mohon infonya bagaimana cara saya harus membayar pajaknya & apa saja persyaratan apabila saya ingin mutasi surat2nya ke malang. Sedangkan posisi saya serta kendaraanya saat ini berada di malang . trima kasih..

      1. pagi boleh tanya plat kendaraan saya KT 112 AS saya mw tanya kira” berapa jumlah pajak dan biaya balik namanya. karena kndaraan baru jalan setelah lama mati suri

  105. Pak saya sudah SMS berkali kali ke 08115857070 dengan format yang menurut saya sudah benar “INFO KT-5253-KS” tapi tidak dapat balasan satupun sampe habis pulsa dan isi pulsa lagi dan habis lagi dan sama tidak ada balasan SMS satupun ada gangguan atau bagaiman
    Tolong diperbaiki sistem nya pak soalnya Kaltim tidak bisa cek online via website jadi cara satu satunya cuma SMS saja dan itupun sering sekali terjadi gangguan
    Apakah disamsat ada Mesin cek biaya pajak kendaraan bermotor ?
    Agar bisa dicek dulu sebelum membayar agar tidak terjadi uang yang kurang disaat bayar pajak kendaraan bermotor pak ?

  106. sore pak. saya waktu itu dpt undian sepeda motor di Samarinda, sedangkan saya udah pindah kembali ke Makassar. gmn & syarat mutasi berkas nya? apa bisa cabut berkas di Samsat Balikpapan?? soal saya ada keluarga dsna. makasih.

    1. apabila stnk dan bpkb belm terbit, dari pemberi hadiah masih berupa faktur kendaraan bisa di tanyakan ke pihak pemeberi hadiah untuk revisi faktur untuk pindah alamat ke makasar, apabila sdh terbit stnk dan bpkb langsung saja cabut berkas dari samsat balikpapan atau sesuai identitas kendaraan

  107. pak saya beli motor second, jadi di stnk bkan nama saya dan saya sdah tidak tau dimana orangnya.
    bagaimana cara saya supaya bisa bayar pajak tahunan dan TNKB ?

  108. Pak saya mau bertanya apakah bisa mengurus stnk beda daerah soalnya saya beli motor dibalikpapan dan saya tinggal ditana paser apakah bisa mengurus perpanjangan stnk tersebut disamsat tana paser

    1. bembayaran online bisa dilakukan dengan melengkapi persyaratan KTP, BPKB asli sesuai dengan identitas kendaraan, segera dibaliknama manfaatkan program baliknama gratis selama 3 bulan, untuk lebih jelasnya silahkan ke kantor samsat pusat

  109. Misi Min,
    Mau nanya nih, apakah bisa motor dari samarinda bayar pajaknya di SAMSAT Melak, KUBAR. dan kalau bisa apakah ada biaya tambahan atau tidak, kalau ada bisanya berapa?
    terima kasih min.

    1. untuk pembayaran online bisa dilakukan untuk perpanjang pajak tahunan dengan syarat dan ketentuan berlaku, melengkapi KTP asli, BPKB sesuai dengan identitas kendaraan, apabila atas nama org lain segera dibalik nama ada progran biaya balik nama gratis selama 3 bulan, untuk lebih jelas silahkan ke samsat pusat

  110. mau tanya,saya pemilik kendaraan tangan ke-2, sekarang sudah saatnya perpanjangan 5 tahun dan KTP pemilik 1 cuma ada fotocopynya, bisa nggak ya KTP pakai foto copynya aja?

  111. Permisi… saya mau tanya sayakan beli kendaraan second dk balikpapan tapi saya tinggal di tenggarong apa bisa saya bayar pajak kendaraannya di kantor samsat terdekat antara tenggarong atau kantor samsat samarinda saja min? Bisa di jelaskan sekalian juga saya mau balik nama min

  112. saya ingin perpanjang stnk motor 5 tahunan (stnk samarinda), posisi motor saat ini berada di balikpapan, apakah bisa melakukan cek fisik bantu di samsat batakan balikpapan ?, sehingga motor tidak perlu di bawa ke samarinda ?

    terimakasih..

  113. Mohon Bantuan Perhitungan biaya mutasi dri Kukar ke Samarinda, identitas kendaraan sbb : Toyota Rush Type G th 2014, nilai NJKB adl 157.000.000 x 1 % = 1050, berapa biaya cabut berkas dri Kukar dan berapa biaya masuk ke Samarinda, makasih merepotkan

    1. tergantung dari masa berlaku pajak kendaraan tersebut untuk proses mutasi di tenggarong, untuk biaya masuk di samarinda berdasarkan berkas dari tenggarong baru bisa di hitungkan pokok pajaknya, untuk biaya baliknama di gartiskan selama program Gubernur sampai tgl 30 sept 2017

  114. Mau tanya saya mau baliknama motor plat motor saya kt balikpapan..
    Mau mutasi ke surabaya gimana caranya…
    Posisi saya skrng ad di sby dan motor saya jg ada di surabaya…
    Bisa gk baliknama tanpa mengurus di balikpapan alasanya sangat jauh…
    Dan gimana caranya…

  115. Permisi..saya beli mobil d smd domisili saya d balikpapan, mobil ingin saya balik nama…apakah cabut berkas d smd nya d kenakan biaya min

  116. Saya kmaren cabut berkas di bpp dikenakan biaya sekitar 500 ribu, apakah itu wajar ? Apakah nti saya dikenakan biaya lagi ketika kumpul berkas di daerah saya? .
    Kemaren saya mengurus tgl 21 juni, katanya kalo berkasnya adah jadi saya di sms, tapi sampai semarang elum ada di sms?
    Mohon pencerahannya
    Terima ksih

  117. Bertanya bos
    Saya ada kredit kndaraan via bos saya, tahun ini stnk & pajaknya, apakah boleh tidak balik nama krena bpkb nya d tahan bos

  118. Min mau tanya sekarang apakah ada program gratis balik nama? Untuk balik nama kendaraan roda 4 pertama kali yang saya punya apkah tetap gratis? Lalu pajak kendaraan saya juga belum mati,jika balik nama apa pajak juga hrus dbayar skalian? Terima kasih

  119. Mau nanya saya beli motor second tapi fotocopy pemilik pertama hilang sama kwitansi.a apa bisa perpanjang pajak sama ganti plat dan ad biaya tambahan gak ???

  120. Dear Admin,

    Berkenaan dengan PerGub No. 17 Tahun 2017 yg isinya salah satunya tentang Bebas Bea Balik Nama. Kami mengutip dari Dirlantas Polda Kaltim Kombes Pol Subandriya yang mengatakan “Ini merupakan kabar baik bagi yang baru saja membeli kendaraan bekas dari luar daerah. Karena mulai 01 Juni 2017 hingga 30 September 2017 mendatang, pengurusan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) kedua akan digratiskan alias tidak dipungut biaya sepeser pun”.

    Sehubungan dengan itu, yang kami tanyakan tentang “…tidak dipungut biaya sepeser pun” maksudnya biaya yang mana, karena kami mengurus Bea Balik Nama di Samsat Sangatta Kutim tetap bayar dengan rincian STNK 100rb dan BPKB 225rb, sementara STNK sendiri baru diperpanjang lagi pada Februari 2018.

    Mohon pencerahannya.
    Trims.

  121. saya mau tanya…kendaraan saya plat Balikpapan dan saya KTP paser apakah saya bisa balik nama langsung atau saya Harus Mutasi Kendaraan lagi ke Daerah/Kab sesuai KTP….

  122. mau nanya pak. kalau mau balik nama . pakai ktp Penajam tapi asal kendaraan dikeluarkan di balikpapan. bisa aja kah pak langsung diurus. tanpa harus pindah asl ktp lagi?

  123. min saya punya kendaraan roda 4 plat paser tp sekarang kendaraannya dipenajam apakah bisa baliknama disamsat penajam

  124. Nomor Rekening BNI Samsat Batakan Brp y Pak. apakah harus dari ATM? Kalau setor Tunai melalui bank BNI Bisak kah pak?

  125. Maaf pak saya mau nanyak. Saya punya mobil plat bontang klo saya mutasi kejawa kira2 pengurusannya bisa sehari selesaikah pak soalnya saya tinggal dk samarinda

  126. MOHON INFORMASI TERKAIT PROSES CABUT BERKAS KENDARAAN (RODA 4) DI KOTA SAMARINDA.
    1). BERAPA LAMA WAKTU YANG DIBUTUHKAN SAMPAI DENGAN CABUT BERKAS SELESAI?
    2). BIAYA RESMINYA BERAPA?
    3). APAKAH ADA SOP ATAU TATA ALUR PROSES CABUT BERKAS DI KOTA SAMARINDA?
    SAYA BERHARAP AGAR DIBERIKAN INFORMASI YANG LENGKAP TERKAIT PROSES CABUT BERKAS.
    TERIMA KASIH DAN SEMOGA DISPENDA KALTIM SEMAKIN SUKSES.

  127. Slamat sore, saya mau nanya kan saya beli kendaraan mobil bekas nah untuk syarat pemabayar pajak tahunan dan 5 tahun apakah harus menggunakan ktp asli pemilik awal atau bisa juga ktp asli saya, trimakasih

  128. numpang tanya min..?? klo saya beli motor bekas keluaran tenggarong saya mau balik nama di samsat samarinda bisa kh min..?????

  129. maaf mau nnya.. saya kan mutasi dari tenggarong kesamarinda, tp msih atas nama org prtama..
    nah stelah proses cabut berkas slesei dn saya ke smsat smarinda, apakah bs saya tdk balik nama?
    dn saya balik nama nnti dikemudian hari saja?

      1. mohon info slanjutnya, biar saya prsiapkan dana,
        berapa biaya stnk dan prgantian bpkb ? dan apakah cuma itu biaya nya?
        mohon info nya, trimaksih

  130. Mau tanya min ,,sya sudah menunggak pajak kendaraan 3 tahun.. saat ini ada program pemutihan sampai bln september,, apakah dendanya d bebaskan ??,, apakah yg sya bayar pajak pertahun di kalikan 3 tahun itu sja ??

  131. Min mw tanya kn lagi pemutihan, nah posisi motor saya mati 5 tahun, sya rencna mw perpanjang dn skligus baliknama, beaya pajak yg di beri keringanan itu brpa tahun pak, diberikn keringanan pajakya atas bebas dendaya pak. Trims

  132. Dear admin.. Kemarin saya coba bayar pajak kendaraan teman saya yg teregister Di Balikpapan saya byar di samsat pembantu Di Muara jawa kukar
    Tapi ternyata Ditolak Harus sesui alamat stnk motor. LoH berarti engak online dong???

  133. Dear Admin,

    Mohon dipantau petugas samsat di Sangatta. Teman saya mengurus penerbitan BPKB, STNK, dan balik nama. Rinciannya tertulis 580rb, tetapi yang dibayar 1.152.000. Uang yang diberikan 1.200.000, pun kembaliannya tidak diberikan. Petugas tersebut tidak menyarankan bayar di kasir, tetapi bayar di meja dia, dan dia yang akan antarkan uangnya ke kasir.

    Mohon dipantau dan ditertibkan, karena korbannya bukan hanya teman saya, tetapi masyarakat yang sudah antri setelah teman saya itu pun mengalami hal yang sama.

    Note : Pengurusan langsung di meja petugas, tidak lewat Calo. #PungliTerangTerangan

  134. mohon info, biar saya prsiapkan dana, jika stelah cabut berkas,
    berapa biaya penerbitan stnk dan prgantian bpkb ? dan apakah cuma itu biaya nya?
    mohon info nya, trimaksih

  135. saya mau tanya biaya perpanjangan plat kendaraan 5 tahunan, sekaligus untuk biaya balik nama (pemilik awal atas nama orangtua saya) di tahun 2018.
    Kendaraan tahun 2013, progresif ke-2, PKB 2.184.000

  136. permisi min, apakah info pajak tidak bisa lagi dilakukan melalui sms? jika tidak bisa. mohon dilanjutkan lagi karena sangat membantu. terima kasih.

  137. Saya berkali kali sms ke nomer 08115857070 kok tetap tidak ada balasan ya pak? Saya mau bayar pajak via atm bankaltim, KT 6503 N, mohon infonya pak. Trims

  138. saya baru saja membeli kendaraan dari Surabaya pak, Truk 10 Roda. Saat saya ingin balik nama saya di bebani dengan nilai total sekitar 18 juta rupiah. Namun ketika saya ingin meminta rincian dari biaya tersebut mengapa harus dari kasir dulu? karena pihak saya ingin memastikan biaya tersebut dulu namun apakah ketika rincian didapatkan harus hari itu juga di bayarkan?
    Mohon informasi nya terima kasih.

    1. untuk mengetahui besarnya biaya Baliknama,Pajak pokok setelah berkas di periksa dan didaftarkan bisa di tanyakan di bagian penetapan pajak tersebut, apabila sudah sesuai baru di bayarkan di kasir, jadi untuk mengetahui rincian tersebut silahkan ke bagian Penetapan pajak di kantor samsat induk

      1. Terima kasih atas tanggapannya, hari ini staf dari pihak kami sudah ke samsat di wahid hasyim namun ketika kami tanyakan perihal tersebut, jawaban yang di dapatkan adalah ” BAYAR DI KASIR NANTI KAMU AKAN DAPATKAN RINCIANNYA”. Hal ini sangat berbeda dengan yang admin sampaikan, bahkan nomor antrian saya di coret hanya dengan alasan karena kami menanyakan rincian dari total tagihan kami. Pihak samsat beralasan mereka sengaja tidak memberikan rincian karena case dahulu yaitu ada pihak yang menanyakan rincian nya kemudian setelah diberikan oleh pihak samsat kemudian pihak tersebut lalai membayar hingga 3 bulan, sehingga rincian berubah dan seolah-olah di klaim jika memberikan rincian tersebut. Namun case tersebut disamaratakan kesemua pihak sehingga saat ini rincian tidak diperkenankan kembali.

        Mohon dengan sangat admin dapat memberikan solusi mengenai masalah ini, karena pihak kami hanya ingin realistis menanyakan rincian, namun malah hal kurang menyenangkan yang didapatkan.

        Wassalam

  139. Saya mau tanya.
    Inikan bulan bebas pajak, kenapa saya pergi Balik Nama Kendaraan masih ada pungutan biaya Rp. 225.000,- dengan alasan bayar buka BPKB dan tidak tercatat di SKPD. Yang tercatat hanya Biaya Adm. STNK sementara BBN. KB tidak di isi sama sekali. Mohon penjelasannya. Terima kasih

  140. permisi admin mau numpang tanya. biaya bayar pajak sekitar 5 tahun berapa ya. bantu hitungkan admin. sy kurang paham sama pajak. terakhir di stnk pkb 196.900. swdkllj 67.000. bantuin ya admin makasih sebelum nya.