SAMSAT Drive Thru

Layanan pengesahan STNK setiap tahun , pembayaran PKB dan SWDKLLJ yang temoat pelaksanaanya diluar gedung kantor bersama SAMSAT dan memungkinkan pemilik kendaraan/wajib pajak melakukan transaksi tanpa harus turun dari kendaraan bermotor yang dikendarainya seperti pelayanan restoran cepat saji. Drive Thru telah beroperasi dan diadakan launching pada bulan Maret 2008. Bersamaan dengan penerimaan sertifikat ISO 9001:2000 oleh menteri pendayagunaan aparatur negara untuk pelayanan SAMSAT Kalimantan Timur.

Layanan ini memberi fasilitas lebih spesial berupa loket pelayanan Samsat yang diletakkan di jalan-jalan strategis yang merupakan jalur potensial para wajib  pajak, dilengkapi jalur khusus sehingga pada saat proses pelayanan, wajib pajak tidak perlu turun dari kendaraan, sementara waktu proses hanya sekitar 5 hingga 10 menit.

Layanan ini ditujukan bagi masyarakat dengan tingkat kesibukan kerja yang padat sehingga tak memiliki waktu banyak untuk menyelesaikan pajak kendaraan bermotor  mereka, seperti Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (STNK). Untuk layanan Drive Thru ini baru tersedia di Jalan Kusuma Bangsa Samarinda. Ke depan, jumlah Drive Thru akan terus tambah di Kaltim.

”Untuk perpanjangan STNK misalnya, masyarakat tetap bisa duduk di mobil atau di motor dan dalam 5 menit sudah selesai. Setelah itu, mereka bisa kembali beraktifitas. Secara ekonomis, layanan ini tentu sangat membantu masyarakat karena aktifitas utama mereka dalam bekerja tidak harus terganggu

DASAR HUKUM :
KEPUTUSAN TIM PEMBINA SAMSAT PROVINSI Kalimantan Timur YANG TERDIRI DARI DIREKTUR LALU LINTAS POLDA KALTIM, KEPALA DINAS PENDAPATAN PROVINSIKalimantan Timur DAN KEPALA CABANG PT. JASA RAHARJA (PERSERO) Kalimantan Timur TENTANG PELAYANAN DRIVE THRU DI Kalimantan Timur.

Persyaratan Pelayanan Samsat Drive Thru :
1. Identitas / Tanda jati diri Asli Pemohon/Pemilik yang sah.
2. STNK Asli.
3. Bukti Pelunasan PKB dan SWDKLL (SKPD telah divalidasi) tahun terakhir.
4. Membawa kendaraan yang akan didaftar ulang.

Tempat & Waktu Pelayanan Samsat Outlet:
Pintu Keluar Parkir Samsat Kalimantan Timur
Hari Senin s.d. Jumat : pukul 08.00-15.00 WIB
Hari Sabtu : pukul 08.00-12.00 WIB