BAPENDA DEKATKAN LAYANAN SAMSAT DI SAMBOJA

SAMBOJA – Pelayanan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) di Samboja, Kutai Kartanegara (Kukar), telah beralih status dari Kantor Samsat Pembantu menjadi Samsat Penuh.

Gubernur Kaltim H Isran Noor meresmikan kantor layanan Samsat Penuh Samboja di Jalan Balikpapan-Handil, Kukar, Rabu (4/12). “Pemprov tidak hanya menuntut kewajiban masyarakat. Kami juga berupaya memenuhi hak masyarakat. Salah satunya yakni memberikan pelayanan terbaik. Hari ini kami mewujudkannya dengan meresmikan Samsat Penuh Samboja,” ungkapnya.

Gubernur mengatakan, masyarakat tidak lagi jauh mendapatkan pelayanan untuk mengurus pembayaran pajak kendaraan bermotor (PKB). Khususnya bagi masyarakat di Samboja hingga Muara Jawa dan sekitarnya.

Isran mengaku senang, masyarakat bisa terlayani dengan cepat di Samsat ini. “Semoga ini menjadi bagian penting bagi pemerintah dalam meningkatkan pendapatan daerah dan semua pihak untuk mendapatkan kemudahan pelayanan membayar pajak PKB tahunan, lima tahunan, kepengurusan BBNKB, dan lain-lain,” jelasnya.

Gubernur mengapresiasi dukungan Kapolda Kaltim melalui Dirlantas serta pimpinan Jasa Raharja yang telah besinergi dengan baik, sehingga pelayanan ke Samsatan pada masyarakat semakin meningkat.

Demikian kerja sama dengan mitra perbankan di Kaltim. Seperti Bankaltimtara, BTN, BNI, Bank Mandiri, BCA, PT Pos Indonesia, dan PT Pegadaian.
Sementara Kepala Bapenda Prov. Kaltim yang juga Kepala Sekretariat Samsat Kaltim Hj Ismiati menjelaskan diresmikannya Samsat ini dapat memudahkan masyarakat Samboja untuk membayar pajak, PKB tahunan, balik nama, lima tahunan maupun registrasi STNK. “Samsat Penuh sebelumnya adalah Samsat Pembantu yang kini naik tingkat menjadi penuh. Dengan peresmian ini Samsat Samboja menjadi Samsat Penuh ke-12 di Kaltim,” ungkapnya.

Ia memaparkan, Bapenda telah memiliki 57 layanan yang tersebar se-Kaltim. Terdiri dari Samsat Penuh, Samsat Payment Point, Samsat Corner, Samsat Drive Thru, dan lain-lain. Termasuk layanan e-Samsat yang menggandeng perbankan hingga BUMN.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *