Eksplorasi Potensi Pendapatan, Bapenda Gelar Raker dan FGD Optimalisasi Pendapatan Daerah Berdasarkan Geospasial

SAMARINDA – Upaya Pemprov Kaltim dalam meningkatkan ekonomi wilayah dan ekonomi rakyat terus dipacu selaras dengan Visi Misi Gubernur Kaltim. Salah satunya lewat Kajian Peningkatan Pendapatan Daerah Berdasarkan Geospasial kerja sama dengan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Prov. Kaltim dengan Pusat Kajian Pengembangan dan Penataan Ruang Universitas Mulawarman.

Selasa (13/8), diselenggarakan Rapat Kerja dan FGD Optimalisasi Pendapatan Daerah Berdasarkan Geospasial di Hotel Bumi Senyiur Samarinda. Rapat tersebut dibuka oleh Gubernur Kaltim DR. Ir. H. Isran Noor, M.Si serta dihadiri oleh Wakil Gubernur Kaltim, Kapolda Kaltim, Bupati / Walikota se-Kaltim, dan seluruh tamu undangan lainnya.

“Optimalisasi pendapatan ini penting agar Kaltim bisa meningkatkan ekonomi wilayah, khususnya perekonomian rakyat,” sebut Bapak Gubernur.

Dilakukannya kajian, jelas Gubernur, yakni untuk mengetahui nilai produksi dan nilai ekonomi dari aktivitas pemanfaatan sumberdaya kawasan dan sumber daya wilayah (sarana prasarana/infrastruktur). Kemudian memetakan potensi penerimaan daerah berdasarkan geospasial dan geoekonomi.

“Selanjutnya kami akan menyiapkan rumusan kebijakan untuk pencapaian target penerimaan daerah,” terangnya.

Gubernur Isran Noor juga mengharapkan sinergitas Bupati dan Walikota se-Kaltim serta jajaran perangkat daerah dan instansi vertikal agar mampu mewujudkannya.

Sebelumnya Gubernur juga melakukan penandatanganan MoU bersama seluruh Bupati dan Walikota se-Kaltim untuk peningkatan pajak daerah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *