MILLENIAL WAJIB CINTA LALIN

SAMARINDA – Budaya tertib lalu lintas memang perlu ditanamkan kepada generasi millenial. Ahad (17/3), dilaksanakan Millennial Road Safety Festival (MRSF) di Lapangan Merdeka, Balikpapan. Kegiatan digeber Kepolisian Daerah (Polda) Kaltim adalah gerakan millenial Kaltim Cinta Lalu Lintas menuju Indonesia Gemilang.

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi, Kapolda Kaltim Irjen Pol Priyo Widyanto, Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Subiyanto, Walikota Balikpapan H Rizal Effendi, serta tamu undangan dan puluhan ribu masyarakat.

Menurut Bpk Hadi, budaya tertib berlalu lintas tentu akan menciptakan rasa aman dan nyaman bagi setiap orang saat berkendaraan di jalan raya. “Generasi millenial harus jadi pelopor budaya tertib berlalu lintas. Kita harus punya rasa malu kalau asal-asalan berkendaraan,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Wagub menyampaikan atas nama Pemprov dan seluruh masyarakat Kaltim mengapresiasi dilaksanakannya MRSF serentak di seluruh Indonesia termasuk Kaltim.

Sementara itu, Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Prov. Kaltim Dra. Hj. Ismiati, M.Si menjelaskan, Bapenda memiliki hubungan erat dengan pihak Kepolisian dan PT Jasa Raharja (Persero) dalam kepengurusan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat).

Selain mengurus pajak kendaraan, jelasnya, Samsat merupakan serangkaian kegiatan dalam penyelenggaraan Registrasi dan Identifikasi Kendaraan bermotor (Regiden Ranmor) serta pembayaran Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas (SWDKLLJ), dan Angkutan Jalan secara terintegrasi dan terkoordinasi dalam Kantor Bersama Samsat.

Defisini Samsat di atas adalah definisi berdasarkan Peraturan Presiden nomor 5 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap Kendaraan bermotor.

“Regiden kendaraan bermotor serta asuransi dari Jasa Raharja ini juga sangat berperan dalam MRSF. Seluruh kendaraan terdaftar dalam database, keselamatan pengguna jalan pun terjamin dengan asuransi dari Jasa Raharja. Itu sebabnya, seluruh unsur dalam Samsat ini saling bersinergi. Kami terus berupaya memberikan banyak layanan yang memudahkan masyarakat,” imbaunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *