PENYERAHAN HADIAH MOTOR GEBYAR TAAT PAJAK 2019

 

 

TESTI: SEKARANG BAYAR PAJAK KENDARAAN MAKIN MUDAH

SAMARINDA – Raut wajah gembira tak bisa disembunyikan dari Testi Tapat dan suami. Senyumnya semringah tatkala menerima hadiah berupa satu unit sepeda motor yang diserahkan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Prov. Kaltim.
Testi merupakan salah satu pemenang pada kegiatan Gebyar Taat Pajak Kendaraan Bermotor 2019 yang telah dilaksanakan 10 Februari lalu. Acara yang digelar guna memeriahkan HUT Pemprov Kaltim itu sukses digelar dengan puluhan ribu peserta.

“Saya langsung daftar begitu tahu dan mengajak seluruh warga di RT untuk ikut,” ucap perempuan yang menjadi Ketua RT 22 di Jalan Gani Mulya Raya, Sungai Kapih, Samarinda.
Dia mengatakan, pelayanan yang diberikan Bapenda Prov. Kaltim semakin baik. Bersama Kepolisian dan PT Jasa Raharja (Persero), layanan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) yang dihadirkan Bapenda kian beragam.

“Sekarang bayar pajak kendaraan semakin mudah. Karena transparansi yang dilakukan Bapenda, masyarakat juga bisa tahu berapa banyak pajak yang terkumpul. Sehingga saya tenang membayarkan pajak secara berkala,” kata dia.
Kepala Bapenda Prov. Kaltim Dra. Hj. Ismiati M. Si pun tak lupa mengucapkan selamat kepada seluruh pemenang. Dia mengatakan, hadiah yang diberikan merupakan wujud apresiasi Pemprov Kaltim kepada wajib pajak yang selalu taat melaksanakan kewajiban.

“Ibu Testi adalah salah satu wajib pajak yang beruntung. Hari ini kami melakukan penyerahan hadiah setelah persyaratan administrasinya terpenuhi. Rencananya, tahun depan kami akan menggelar acara serupa dengan hadiah semakin besar,” ungkapnya.

Sesuai amanat Undang-Undang No. 28/2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah. Provinsi berwenang atas PKB, BBNKB, PBBKB, Pajak Air Permukaan, dan Pajak Rokok. Namun, seluruh realisasi pajak yang terkumpul tak lantas digunakan untuk kebutuhan Pemprov Kaltim saja.

“Ada belanja wajib yang harus dikeluarkan lebih dulu yakni untuk kesehatan, pendidikan, serta bagi hasil pajak ke daerah yang akan dimanfaatkan oleh masing-masing daerah. Jadi dari masyarakat, akan kembali kepada masyarakat,” ungkapnya.

Bicara soal layanan, Ibu Ismiati mengatakan Bapenda tak henti melakukan inovasi. Dengan menggandeng berbagai pihak, masyarakat bisa semakin mudah membayarkan pajak. Salah satunya dengan memanfaatkan layanan e-Samsat yang bisa dibayarkan lewat ATM.

“Bapenda sudah bekerja sama dengan banyak perbankan. Mulai dari Bankaltimtara, BNI, BCA, Mandiri, dan lain-lain. Bisa juga membayarkan pajak di PT Pos Indonesia. Nantinya, masyarakat juga bisa membayarkan di PT Pegadaian. Jadi kami sudah menyediakan banyak pilihan pembayaran,” jelasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *