SOSIALISASI MRSF DAN TINGKATKAN PKB, BAPENDA BERSAMA KEPOLISIAN GANDENG TIGA PILAR

BALIKPAPAN – Sinergi terus dilakukan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Prov. Kaltim. Kali ini bersama Kepolisian, Bapenda menggandeng tiga pilar yakni Lurah, Babinsa, dan Bhabinkamtibmas di Balikpapan.

Kepala Bapenda Dra Hj Ismiati M.Si, hadir sebagai narasumber dalam kegiatan Sosialisasi Millenial Road Safety Festival (MRSF), Jumat (15/2).

“Kami mendukung gerakan Polda Kaltim yang ingin mewujudkan generasi milenial cinta lalu lintas. Secara bersamaan, kami juga terbantu oleh para Babinsa dan Bhabinkamtibmas untuk ikut berperan aktif dalam meningkatkan kesadaran masyarakat membayar pajak. Ditambah peran serta Lurah,” papar Ibu Ismiati.

Dia mengatakan, semakin besar realisasi penerimaan pajak daerah maka hasilnya akan semakin baik untuk masyarakat.

Realisasi PKB dan BBNKB sebesar Rp 1,74 Triliun di Tahun 2018.

“Ada belanja wajib yang harus dikeluarkan lebih dulu yakni untuk kesehatan, pendidikan, serta bagi hasil pajak ke daerah yang akan dimanfaatkan oleh masing-masing daerah. Jadi dari masyarakat, akan kembali kepada masyarakat,” ungkapnya.

Melibatkan peran Babinsa dan Bhabinkamtibmas, menurut Ibu Ismiati, memang sangat tepat. Berdasarkan Perkap Nomor 3/2015, dijelaskan tugas pokok Bhabinkamtibmas yakni melakukan pembinaan terhadap warga masyarakat. Serta meningkatkan partisipasi masyarakat, kesadaran hukum dan ketaatan warga masyarakat terhadap hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Kami juga memberikan kemudahan dengan inovasi layanan. Masyarakat dapat membayar pajak lewat e-Samsat yang bekerja sama dengan perbankan serta BUMN. Lalu ikut mengawasi penerimaannya lewat Simpator secara real-time. Jadilah wajib pajak yang taat,” pesannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *