CAPAIAN KINERJA POSITIF, BAPENDA GELAR SYUKURAN

SAMARINDA – Jelang penutupan tahun, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Prov. Kaltim menggelar acara syukuran atas capaian kinerja 2018. Kegiatan tersebut dirangkaikan dengan Khataman Alquran dan Doa Bersama atas Rencana Kerja 2019, pada Senin (31/12).

Acara dihadiri oleh Gubernur Kaltim Bpk. Dr. Ir. H. Isran Noor, M.Si dan Ibu Hj. Norbaiti, Wakil Gubernur Kaltim Bpk. H. Hadi Mulyadi, S.Si, M.Si dan Ibu Hj. Erni Makmur, Asisten Bidang Administrasi Umum Setdaprov Kaltim Drs. Bere Ali, M.Si, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setdaprov Kaltim Ir. Muhammad Sa’bani, M.Sc, dan Inspektur Inspektorat Prov Kaltim M Sa’duddin, AK.

Kepala Bapenda Prov Kaltim Dra. Hj. Ismiati, M.Si mengungkapkan kegiatan ini digelar sebagai ungkapan rasa syukur. Sepanjang 2018, Bapenda mencatatkan kinerja positif. Total capaian realisasi pendapatan mencapai 108,14 persen.

“Realisasi pendapatan mencapai Rp 10,37 triliun dari target yang ditetapkan pada APBD-P 2018 sebesar Rp 9,59 triliun. Kami optimistis pada 2019, pendapatan bisa melampaui Rp 12 triliun dengan mengoptimalkan segala potensi yang sudah dipetakan bersama tim penyelaras RPJMD Kaltim,” ungkap Ibu Ismiati.

Ibu Ismiati memerinci, realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) pada 2018 mencapai Rp 5,55 triliun. Terdiri dari Pajak Daerah Rp 4,70 triliun, Retribusi Daerah Rp 19,34 miliar, Hasil Pengelolaan Kekayaan Daerah yang Dipisahkan Rp 181,12 miliar, dan Lain-Lain Pendapatan Daerah yang Sah Rp 647,92 miliar.

Sementara itu, pendapatan dari Dana Perimbangan mencapai Rp 4,79 triliun yang terdiri dari Dana Bagi Hasil Pajak Rp 599,34 miliar, Dana Bagi Hasil Bukan Pajak Rp 2,39 triliun, dan Dana Perimbangan Lainnya Rp 1,80 triliun. Kemudian masukan dari Lain-Lain Pendapatan Daerah Yang Sah mencapai Rp 28,10 miliar.

Gubernur Kaltim Bpk. Dr. Ir. H. Isran Noor pun mengungkapkan syukur atas capaian baik ini. Dia berharap, Bapenda sebagai OPD yang mengoordinasikan seluruh pendapatan daerah bisa bekerja lebih optimal pada tahun mendatang.

Sebagai ungkapan syukur, Bapenda juga berbagi kepada ratusan anak yatim serta para tahfiz yang berasal dari beberapa pesantren. Dua orang beruntung pun mendapatkan hadiah umrah yang diundi langsung oleh Gubernur dan Wakil Gubernur. Hadiah diberikan kepada satu pegawai tenaga kontrak serta satu anggota perkumpulan Dharma Wanita Persatuan di Bapenda Prov Kaltim.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *