WAGUB PIMPIN PEMBAHASAN PERKEMBANGAN USAHA DAN PERMASALAHAN BUMD DI KALTIM

SAMARINDA- Wakil Gubernur Kaltim Bpk. H. Hadi Mulyadi, S.Si, M.Si memimpin Rapat Pembahasan Perkembangan Usaha dan Permasalahan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di Prov. Kaltim. Kegiatan dilakukan di Ruang Tepian I, Kantor Gubernur Kaltim, di Jalan Gadjah Mada, Samarinda.

Rapat yang dimoderatori Asisten Perekonomian dan Administrasi Pembangunan  Setdaprov Kaltim Ir  H. Ichwansyah, M.M, itu diikuti seluruh BUMD Kaltim dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait. Masing-masing BUMD pun melaporkan perkembangan usaha dan tantangan yang sedang dihadapi pada 2019 mendatang.
Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Prov. Kaltim Dra. Hj. Ismiati, M.Si mengatakan, semakin prima kinerja masing-masing BUMD akan berdampak baik pada pendapatan daerah.
Ibu Ismi menjelaskan, dari data target dan realisasi BUMD dalan pendapatan daerah sampai dengan November lalu, hanya sebagian BUMD yang telah merealisasikan pada laba atas penyertaan modal pada perusahaan daerah (Perusda) ke kas daerah
BUMD tersebut yakni Bank Pembangunan Daerah (BPD) Kaltim atau lebih dikenal dengan Bankaltimtara dan Jamkrida Kaltim.
“Bankaltimtara pada APBD 2018 menargetkan Rp 190 miliar. Namun pada APBD-P 2018 mengalami penyesuaian target menjadi Rp 171,43 miliar. Realisasinya sudah 100 persen,” katanya.
Ibu Ismiati berharap BUMD lainnya dapat memberikan kontribusi positif pada pendapatan daerah.
Secara keseluruhan, target hasil pengelolaan daerah yang dipisahkan pada APBD 2018 sebesar Rp 214,05 miliar. Lalu mengalami penyesuaian dalam APBD-P 2018 menjadi sekitar Rp 193 miliar. Sementara itu, angka realisasi sampai dengan November sebesar Rp 177,13 miliar atau sebesar 91,78 persen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *