BAPENDA BERSAMA BPKAD MUSNAHKAN SKPD

SAMARINDA- Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Prov. Kaltim Dra. Hj. Ismiati, M.Si, melakukan pemusnahan Surat Ketetapan Pajak Daerah (SKPD) dua tahun ke belakang, pada Kamis (29/11).

Kegiatan tersebut dilakukan bersama Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Prov. Kaltim.

Dikatakan Ibu Ismiati, SKPD termasuk surat berharga. Mekanisme pengadaannya diatur dalam pengadaan barang dan jasa, serta dicatat ke dalam neraca dan menggunakan APBD. Melakukan pemusnahan SKPD pun tak boleh sembarangan.
“Kami baru melakukan pemusnahan SKPD provinsi maupun unit pelaksana teknis daerah (UPTD) setelah menerima surat persetujuan dari Gubernur. Jadi, tidak serta merta dimusnahkan,” jelas Ibu Ismiati.
Mekanisme pengelolaan barang milik daerah (BMD), jelasnya, sudah sangat baik, sebab baik pengelolaan keuangan daerah maupun BMD karena dilaksanakan sesuai dengan peraturan yang berlaku. Ibu Ismiati menjelaskan, bila tidak segera dimusnahkan maka dikhawatirkan karena surat berharga itu berhubungan dengan uang.
“Kami menghindari SKPD dimanfaatkan oleh pihak tidak bertanggung jawab. Sebab dapat berdampak kepada pengelolaan keuangan atau pengelolaan masalah pembayaran pajak kendaraan dan lain-lain,” paparnya.
Ke depannya, pengadaan surat berharga akan tetap diatur sedemikian rupa agar tetap efektif dan efisien. Sehingga daerah tidak dirugikan akibat pengadaan yang mungkin tidak bisa diukur dan diprediksi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *