PERINGATAN TAHUN BARU ISLAM 1 MUHARRAM DI LINGKUNGAN BAPENDA PROV. KALTIM. JADIKAN INSTROSPEKSI BERBUAT BAIK PADA DIRI.

Samarinda – Badan Pendapatan Daerah Prov. Kaltim menyelenggarakan peringatan 1 Muharram 1439 H pada hari Jumat (22/09), yang dilaksanakan di ruang rapat lantai II Bapenda Prov. Kaltim dengan mengusung tema “Hijrah merupakan tonggak & momentum bagi Pegawai dalam meningkatkan profesionalisme untuk menuju kesejahteraan masyarakat”.

Dibuka langsung oleh Kepala Badan Pendapatan Daerah Prov. Kaltim Ibu Hj. Ismiati, M.Si, beliau menyampaikan sambutannya sebelum mendengarkan Tausyiah yang disampaikan oleh Ustadz Bunyamin Lc MAg menyampaikan bahwa “momentum tahun baru Hijriyah merupakan sebuah bentuk introspeksi diri bagi kita semua, yang mana selama satu tahun yang telah berjalan apa saja yang telah kita kerjakan. Kemudian beliau mengajak kita semua untuk mensyukuri nikmat Allah SWT yang telah memberikan kita kesehatan hingga dapat bertemu pada Muharram kali ini”.

Ustadz Bunyamin Lc MAg ketika menyampaikan tausyiahnya “sesungguhnya hijrah bukan hanya semata tentang berpindah. Namun, makna hijrah merupakan tempat dimana seorang hamba melakukan introspeksi diri dan bermuhasabah, hal ini sesuai dengan ucapan Wakil Bupati ketika menyampaikan sambutannya. Dalam menyambut tahun baru Hijriah, sangat penting bagi kita untuk berkaca diri, menilai dan menimbang amalan-amalan yang telah kita perbuat dan dosa atau maksiat yang telah kita kerjakan. Penilaian ini bukan hanya untuk mengetahui seberapa besar perbuatan amal atau dosa kita, tapi agar tahun mendatang lebih baik dengan memperbanyak ibadah dan amal saleh serta mengurangi perbuatan dosa dan amal salah”.

Lebih lanjut, Ustadz Bunyamin Lc MAg menjelaskan 4 (empat) bentuk hijrah, yakni (1). Hijrah I’tiqadiyah adalah meninggalkan segala bentuk keyakinan, kepercayaan dan ikatan-ikatan yang tidak dibenarkan oleh Allah SWT, (2). Hijrah Fikriyah adalah meninggalkan segala bentuk pola berpikir yang tidak sesuai dengan pola berpikir yang Islami, (3). Hijrah Syu’uriyah adalah meninggalkan segala bentuk perasaan yang cenderung kepada hal-hal yang tidak benar, dan (4). Hijrah Sulukiyah adalah meninggalkan segala bentuk tingkah laku yang bertentangan dengan ketentuan-ketentuan Allah SWT.

2 thoughts on “PERINGATAN TAHUN BARU ISLAM 1 MUHARRAM DI LINGKUNGAN BAPENDA PROV. KALTIM. JADIKAN INSTROSPEKSI BERBUAT BAIK PADA DIRI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *