RAKOR TIM PEMBINA SAMSAT PROVINSI KALIMANTAN TIMUR DAN KALIMANTAN UTARA DALAM RANGKA OPTIMALISASI PELAYANAN SAMSAT

Samarinda – Dalam rangka meningkatkan pelayanan SAMSAT kepada Publik secara optimal, telah diadakan Rapat Koordinasi Tim Pembina Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara guna melakukan identifikasi terhadap berbagai permasalahan dan isu strategis serta penyamaan persepsi antara unsur Badan Pendapatan Daerah, Kepolisian Daerah Kalimantan Timur dan PT. Jasa Raharja (Persero)

Pada 5 April 2017 bertempat di ruang rapat serbaguna Lantai 1 Kantor Gubernur Provinsi Kalimantan Timur, acara Rakor Tim Pembina SAMSAT Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara diusung dengan tema “Optimalisasi Pelayanan Samsat dalam Rangka Meningkatkan Penerimaan PKB/BBNKB” yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah Provinsi Kaltim Dr. Ir. H. Rusmadi, MS.

Menurut Rusmadi, Kondisi Fiskal Pemerintahan Provinsi Kalimantan Timur yang dirasa berat sekarang ini dikarenakan ketergantungan kepada Sumber Daya Alam, yang mau tidak mau mengharuskan Pemerintah Daerah melakukan perubahan struktur APBD yang berbasis kepada Pendapatan Asli Daerah (PAD) khususnya pungutan Pajak Daerah.

Upaya peningkatan dari pos penerimaan PKB dan BBNKB  menciptakan pelayanan yang maksimal, efisien dan efektif serta transparan pada SAMSAT sebagai salah satu strategi yang terus dikembangkan. Electronic Data Capture (EDC), e-Samsat, Go Samsat dan e-Samsat melalui smartphone berbasis android dan ios yang sebentar lagi akan diresmikan adalah upaya yang diharapkan dapat menjawab tantangan “Penguatan PAD di tengah menurunnya DBH” ujar Kepala Badan Pendapatan Daerah Provinsi Kaltim Dra.Hj.Ismiati,M.Si

Pada Rakor kali ini juga dilakukan penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) Samsat Desa, Samsat Online dan Mutasi Online antara Dirlantas Polda Kaltim, Bapenda Prov. Kaltim dan PT. Jasa Raharja (Persero) Cabang Kaltim, di mana hal ini merupakan salah satu dari berbagai langkah inovasi yang terus diluncurkan dalam rangka meningkatkan pelayanan samsat secara maksimal kepada masyarakat. Yang dalam waktu dekat ini segera dilaksanakan Samsat desa yang bertempat di kabupaten/kota, bekerjasama dengan Kepala Daerah Kabupaten/Kota yang dikoordinasikan langsung oleh Kepala Bapenda Provinsi Kalimantan Timur, dan ditargetkan akan selesai dalam waktu 3 (tiga) Bulan dari sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *