ACARA BUKA PUASA BERSAMA DAN TAUSYIAH DI LINGKUNGAN BAPENDA PROV. KALTIM BERSAMA ANAK – ANAK YATIM PIATU PANTI ASUHAN PONDOK RUHAMAA

Samarinda – Badan Pendapatan Daerah Provinsi Kalimantan Timur menggelar buka puasa dan tausyiah bersama sekitar 20 anak yatim piatu di kantornya di Kantor Badan Pendapatan Pendapatan Daerah Provinsi Kaltim , Sabtu (10/6/2017) sore.

Acara yang dihadiri oleh Sekretaris Daerah Prov. Kaltim  Bpk. Dr. Ir. H.Rusmadi MS dan Kepala – Kepala SKPD Prov. Kaltim ini bertajuk Kutipan Ramadan yang mengambil tema Berbagi Waktu, Ilmu dan Rezeki diisi dengan kegiatan tausyiah, berbuka puasa serta santunan untuk anak yatim dari Panti Asuhan Pondok Rahumaa, Bukit Pinang, Samarinda.

Kepala Badan Pendapatan Provinsi Kaltim, Dra. Hj. ISMIATI, M.Si, dalam sambutannya, mengatakan, kegiatan berbagi bersama anak yatim piatu ini rutin dilakukan. Tidak hanya sepanjang bulan Ramadhan saja tetapi juga di setiap saat kesempatan pribadi. Sebagai wujud rasa syukur kepada Allah Swt yang sudah memberikan banyak kenikmatan kepada kita semua.

Dalam tausyiahnya, Ustadz Supriansyah, mengungkapkan makna puasa dan keistimewaan memberi makanan kepada yang berbuka puasa. “Bagi siapa saja yang memberikan makanan takjil saja akan mendapat pahala berlipat bahkan mendapat pahala yang sama dengan yang berpuasa,” ujarnya. Continue reading ACARA BUKA PUASA BERSAMA DAN TAUSYIAH DI LINGKUNGAN BAPENDA PROV. KALTIM BERSAMA ANAK – ANAK YATIM PIATU PANTI ASUHAN PONDOK RUHAMAA

HARGA MINYAK DUNIA 2017 TAK AKAN LEBIH DARI USD55/BAREL

JAKARTA – Pengamat Migas dari ReforMiner Institut Pri Agung Rakhmanto menilai, harga minyak dunia tahun ini masih belum akan bergerak dari level rendah. Harga minyak dunia diprediksi hanya akan berada di kisaran USD50 hingga USD55 per barel.

Dia mengungkapkan, harga minyak dunia sudah menyusut sejak pertengahan 2014. Namun, hingga saat ini harganya belum akan membaik mesipun Organisasi Negara Pengekspor Minyak Dunia (Organization of Petroleum Exporting Countries/OPEC) telah memangkas produksi minyaknya.

“2017 masih akan bertahan rendah, belum akan melebihi USD60. Masih di angka USD50-USD55. Sudah agak naik karena OPEC memutuskan memangkas produksinya. Kira-kira kalau naik gradient-nya enggak langsung tinggi. Tidak jauh dari USD50-USD55. Kecuali ada gejolak luar biasa seperti perang itu bisa jadi naik luar biasa,” katanya di kantor Chevron, Jakarta, Selasa (16/5/2017).

Menurutnya, hal ini lantaran dunia telah mengalami kelebihan pasokan sejak lama. Bahkan, pasokan minyak dunia saat ini telah melebihi permintaan yang ada. “Jadi, harga minyak masih akan bertahan rendah dalam jangka waktu cukup lama,” tutur dia.

Meskipun OPEC bukan satu-satunya penentu kenaikan harga minyak dunia, namun perangai organisasi tersebut tetap memiliki pengaruh signifikan mengingat OPEC menguasai 30% produksi minyak dunia.
Continue reading HARGA MINYAK DUNIA 2017 TAK AKAN LEBIH DARI USD55/BAREL

KORSUPGAH KPK APRESIASI E-SAMSAT KALTIM

SAMARINDA – Berbagai upaya dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk memberangus habis praktik korupsi di Indonesia, baik melalui aksi penindakan maupun pencegahan. Salah satunya mendorong penggunaan sistem pemerintahan berbasis elektronik (e-government) di daerah.

Terkait upaya tersebut tim Koordinasi Supervisi dan Pencegahan (Korsupgah) KPK melakukan evaluasi ke daerah untuk melihat langsung kinerja pemerintah dalam pelayanan berbasis elektronik atau online.

Sekretaris Provinsi (Sekprov) Kaltim Dr H Rusmadi menjelaskan rapat pemetaan dan penyusunan program aksi untuk pelayanan publik berbasis elektronik atau online sudah menjadi kewajiban pemerintah daerah dan itu sudah dilaksanakan Pemprov Kaltim melalui organisasi perangkat daerah (OPD) yang memang ada kaitannya dengan pelayanan publik, seperti Badan Pendapatan Daerah, PTSP serta OPD lainnya.

“Dari evalusi tim Korsupgah KPK, sistem pelayanan online yang dibangun Pemprov Kaltim mendapat apresiasi, khususnya e-Samsat Kaltim. Kaltim dinilai telah membangun layanan dan menghadirkan banyak terobosan untuk memaksimalkan penerimaan pajak kendaraan bermotor,” kata Rusmadi usai memimpin rapat pemetaan dan penyusunan program aksi pemberantasan korupsi terintegrasi di Kantor Gubernur Kaltim, Selasa (16/5).

Selain e-Samsat dari Badan Pendapatan Daerah Kaltim, Korsupgah KPK juga memberikan apresiasi atas pelayanan berbasis online yang juga dilakukan masing-masing OPD, seperti pelayanan kinerja dari Bappeda, BKD, PTSP termasuk Biro Administarsi Pembangunan.

Namun apa yang telah dilakukan itu, lanjut Rusmadi masih perlu ada perbaikan. Setiap layanan harus dibuat lebih aman dan lebih mudah bagi masyarakat. Continue reading KORSUPGAH KPK APRESIASI E-SAMSAT KALTIM